Sabtu, 26 Desember 2015

Buku Kerja Kepala Sekolah

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, Pasal 15 ayat 3 P menyatakan bahwa guru yang telah bersertifikat profesi dapat diangkat menjadi kepala satuan pendidikan dengan beban kerja satuan pendidikan. Implementasi tugas tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, Pasal 12 yang secara garis besar

Kemenag Evaluasi Sertifikasi Guru PAI dan Madrasah

Kementerian Agama (Kemenag) menyelenggarakan Ekspose Sertifikasi Guru
guna memantau hasil pelaksanaan sertifikasi guru sejak 2006 lalu.

“Ekspose
sertifikasi guru juga menjadi acuan bagi pihak-pihak terkait dalam
melakukan proses sertifikasi guru pada tahun berikutnya," terang 
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin, Jumat
(4/12). Saat ini, jelasnya, jumlah guru pada

Jumat, 25 Desember 2015

Anggaran Pendidikan 2016 Tembus Rp 419 Triliun

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan anggaran pendidikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)
2016 telah mencetak sejarah. Pasalnya, anggaran pendidikan dalam APBN
tahun depan adalah yang paling besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Bambang mengatakan, anggaran pendidikan dalam APBN 2016
mencapai Rp 419,2 triliun atau 20 persen dari total belanja negara Rp
2095,7

Fungsi Add In Terbilang Microsoft Excel dan Cara Menginstalnya

Fungsi Add In Terbilang Microsoft Excel dan Cara Menginstalnya | Fungsi terbilang adalah fungsi dari microsoft excel yang berfungsi untuk merubah angka menjadi teks atau huruf. Sama halnya dengan fungsi-fungsi excel lainnya seeperti SUM, IF, AVERAGE, MIN, MAX dan lain sebagainya, fungsi TERBILANG ini sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan excel anda.

Fungsi TERBILANG akan lebih terasa

Kamis, 24 Desember 2015

Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016 untuk SD, SLB, Paket A/ULA TP 2015/2016

Tertanggal 17 Desember 2015, Kepala Badan Penelitian dan pengembangan ( Balitbang) Kemdikbud mengeluarkan sebuah peraturan tentang Kisi-kisi US/M SD, Madrasah, SLB, Paket A/ULA tahun pelajaran 2015/2016.
Jadi, didalam kisi-kisi tersebut sudah memuat semua kisi-kisi soal US 2016 untuk jenjang SD sederajat.
Silahkan download kisi-kisi US 2016 SD/M Kejar Paket pada link dibawah ini.
Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016


Dan berikut ini salah satu kisi-kisi soal US 2015/2016  mata pelajaran IPS  untuk Kejar Paket A
A. KONDISI GEOGRAFIS
1.  Pengetahuan peta
  • Menentukan arti simbol pada peta.
  • Menentukan skala peta.

2.  Kenampakan alam
  • Menentukan kenampakan alam yang terdapat pada provinsi.

3.  Kenampakan alam buatan
  •  Menentukan kenampakan alam buatan provinsi tertentu.
  •  Menentukan perbedaan waktu. 
  •  Menentukan pembentukan provinsi tertentu.

B. AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM KAITANNYA DENGAN SUMBER DAYA  ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI
4.  Aktivitas ekonomi
  •      Mengelompokkan sumberdaya alam berdasarkan kriteria tertentu.
  •      Menentukan aktivitas penduduk sesuai dengan kondisi geografisnya atau sumber daya alam.
  •      Menentukan jenis kegiatan ekonomi penduduk.
  •      Menentukan usaha pemerintah untuk meningkatkan ekonomi penduduk di daerah tertentu.

5.  Koperasi
  •      Menentukan peranan koperasi bagi perekonomian bangsa Indonesia
  •      Mengidentifikasi manfaat koperasi bagi anggota koperasi.

6.  Teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
  •      Mengidentifikasi alat-alat produksi modern/tradisional.
  •      Menentukan ciri atau alat teknologi komunikasi masa lalu/masa kini.
  •     Mengidentifikasi keuntungan/kerugian alat komunikasi tertentu.
  •     Menentukan kelebihan/kekurangan alat transportasi tertentu.

C. PENINGGALAN SEJARAH DAN KEADAAN SOSIAL-BUDAYA
7.  Keragaman suku bangsa
  •     Mengidentifikasi keragaman sosial/budaya Indonesia.
  •     Memberi contoh cara menghargai keragaman suku bangsa.
  •     Menentukan asal suku bangsa.
  •     Menentukan asal budaya (disajikan gambar).
  •     Mengidentifikasi permasalahan penduduk dan upaya mengatasinya.

8.  Peninggalan sejarah 
  •     Memberi contoh cara menghargai peninggalan sejarah.
  •     Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Hindu Buddha.
  •     Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Islam.
  •     Mengidentifikasi cara menghargai peninggalan sejarah.
  •     Menentukan cara melestarikan peninggalan sejarah tersebut.
  •     Menentukan asal peninggalan sejarah tersebut (disajikan gambar).
  •     Menunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional  (melalui peta).

D. PERANAN TOKOH SEJARAH SEBELUM DAN SESUDAH PROKLAMASI
9.  Tokoh sejarah 
  •    Menentukan peranan tokoh sejarah pada masa tertentu Hindu Buddha. 
  •    Menentukan peranan tokoh sejarah pada masa penjajahan Belanda/Jepang.
  • Memberi contoh sikap menghargai perjuangan pahlawan/pejuang masa penjajahan Belanda/Jepang.
  • Menentukan peranan tokoh sejarah dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan.
  • Menentukan peranan tokoh sejarah dalam mempertahankan kemerdekaan .
  • Menentukan peranan tokoh sejarah setelah kemerdekaan.
  • Menentukan sikap pahlawan yang perlu diteladani oleh bangsa  Indonesia.

E. WILAYAH DUNIA DAN GLOBALISASI
10.  Kenampakan alam  
  •      Menentukan gejala alam utama di negara tetangga.
  •      Menentukan gejala alam di Benua Asia.
  •      Menunjukkan karakteristik Australia. 
  •      Menentukan gejala alam di Benua Amerika, Benua Afrika.
  •     Menentukan gejala alam di Benua Eropa.
  •     Menjelaskan cara menghadapi bencana alam.
  •     Menjelaskan penyebab terjadinya bencana alam di daerah tertentu.

11.  Kehidupan sosial, ekonomi, budaya
  •    Mengidentifikasi kehidupan sosial budaya negara tetangga.
  •    Mengidentifikasi sumber daya alam di negara tetangga (disajikan peta).

12.  Globalisasi  
  •    Menunjukkan peranan Indonesia pada era globalisasi pada bidang tertentu.
  •    Menentukan dampak positif atau negatif globalisasi.
  •    Menentukan sikap yang harus dikembangkan dalam menghadapi dampak globalisasi.

13.  Manfaat eksporimpor
  •    Mengidentifikasi komoditi ekspor atau impor Indonesia.
  •    Menentukan keuntungan atau kerugian barang ekspor atau impor.
  •    Menjelaskan manfaat ekspor atau impor barang.


Demikian informasi mengenai kisi-kisi US 2016 untuk SD/M, Paket A dan cara downloadnya. Semoga bermanfaat.

Rabu, 23 Desember 2015

Cek Inquiry Status Pencairan Tunjangan Guru TK/PAUD

Pada pos terdahulu admin Info Guru telah berbagi cara mengecek SK Penyetaraan Guru TK/PAUD. Kali ini kami akan berbagi cara mengetahui atau memgecek status pencairan tunjangan guru TK/PAUD.

Silakan anda buka link http://139.0.7.100:4499/inqtjguru2015/index.php
Setelah itu masukkan data  No. Identitas Guru (NUPTK, NIGB, NIM, KTP, dll)




Klik Inquiry

Keterangan
untuk mengecek tunjangan guru

Penyebar Berita "2016 Kembali ke Kurikulum KTSP" Akhirnya Disomasi Kemdikbud

Sebuah berita akan menjadi petaka jika penyampain berita tersebut salah dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Lebih-lebih, hal tersebut sampai merugikan pihak lain, baik kerugian skala kecil maupun kerugian skala nasional.
Baca Juga:

Waspada! Berita Palsu Seleksi CPNS 2016 Banyak Beredar

Salah satunya adalah beredarnya berita hoax mengenai pemberlakuan kembali Kurikulum KTSP menggantikan Kurikulum 2013 untuk semester dua TA 2015/2016, padalah berita ini adalah berita untuk tahun ajaran yang telah berlalu dengan ini penerapan Kurikulum 2013.
Menanggapi hal tersebut, Kemdikbud tidak tinggal diam dan akhirnya turun tangan. Sebuah Somasi dilayangkan oleh Kemdikbud ditujukan kepada beberapa blog online yang memberitakan berita hoax tersebut.

Ka. Biro Hukum dan Organisasi Kemdikbud, Aris Soviyani, pun akhirnya mengeluarkan surat somasi kepada pengelola blog kuambil.com dan infopgri.tk, atas nama Muslihat Wiradiputra atau Wira Hadiputra, yang diduga sebagai penyebar pertama informasi hoax tersebut.
Berikut ini Somasi pihak Kemdikbud yang dilayangkan kepada Mulsihat Wiradiputra.
Penyebar Berita "2016 Kembali ke Kurikulum KTSP" Akhirnya Disomasi Kemdikbud
  1. Menyatakan informasi tersebut tidak benar dan membersihkan seluruh situs yang Saudara kelola dari berita tersebut dan berita-berita lain yang tidak benar, manipulatif, dan tidak berdasar.
  2. Meminta maaf kepada seluruh guru dan tenaga kependidikan, siswa, orang tua/wali siswa, dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan seluruh masyarakat Indonesia karena telah mengunggah dan menyebarluaskan berita yang tidak benar, manipulatif, dan meresahkan.
  3. Mengunggah permintaan maaf seperti tersebut pada poin 2 secara permanen di seluruh situs, akun, dan grup media sosial yang Saudara kelola, membuka aksesnya untuk dibaca publik, dan meletakkannya pada halaman utama, dan/atau bagian paling atas linimasa.
  4. Pernyataan permintaan maaf di media nasional sebanyak 7 kali berturut-turut.
Dalam surat  bernomor 102184/A4.2/Hk/2015 itu juga disertai permintaan untuk melaksanakan keempat poin tersebut dalam kurun waktu 2 x 24 jam sejak surat diterima. Pihak Kemdikbud mengancam akan melaporkan Muslihat Wiradiputra atau Wira Hadiputra ke pihak berwajib jika isi surat somasi tidak diindahkan.
Penyebar Berita "2016 Kembali ke Kurikulum KTSP" Akhirnya Disomasi Kemdikbud

Penyebar Berita "2016 Kembali ke Kurikulum KTSP" Akhirnya Disomasi Kemdikbud

Dan tampaknya, somasi Kemdikbud ditanggapi dengan baik dan direspon cepat oleh pemilik akun FB Muslihat Wiradiputra ini.
Menjadi pelajaran berharga bagi kita semua, jangan mencari keuntungan sepihak dengan membuat berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.
Sumber: PGRI

Diberdayakan oleh Blogger.

 

© 2013 operator. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top