Tertanggal 17 Desember 2015, Kepala Badan Penelitian dan pengembangan ( Balitbang) Kemdikbud mengeluarkan sebuah peraturan tentang Kisi-kisi US/M SD, Madrasah, SLB, Paket A/ULA tahun pelajaran 2015/2016.
Jadi, didalam kisi-kisi tersebut sudah memuat semua kisi-kisi soal US 2016 untuk jenjang SD sederajat.
Silahkan download kisi-kisi US 2016 SD/M Kejar Paket pada link dibawah ini.
Dan berikut ini salah satu kisi-kisi soal US 2015/2016 mata pelajaran IPS untuk Kejar Paket A
A. KONDISI GEOGRAFIS
1. Pengetahuan peta
- Menentukan arti simbol pada peta.
- Menentukan skala peta.
2. Kenampakan alam
- Menentukan kenampakan alam yang terdapat pada provinsi.
3. Kenampakan alam buatan
- Menentukan kenampakan alam buatan provinsi tertentu.
- Menentukan perbedaan waktu.
- Menentukan pembentukan provinsi tertentu.
B. AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM KAITANNYA DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI
4. Aktivitas ekonomi
- Mengelompokkan sumberdaya alam berdasarkan kriteria tertentu.
- Menentukan aktivitas penduduk sesuai dengan kondisi geografisnya atau sumber daya alam.
- Menentukan jenis kegiatan ekonomi penduduk.
- Menentukan usaha pemerintah untuk meningkatkan ekonomi penduduk di daerah tertentu.
5. Koperasi
- Menentukan peranan koperasi bagi perekonomian bangsa Indonesia
- Mengidentifikasi manfaat koperasi bagi anggota koperasi.
6. Teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
- Mengidentifikasi alat-alat produksi modern/tradisional.
- Menentukan ciri atau alat teknologi komunikasi masa lalu/masa kini.
- Mengidentifikasi keuntungan/kerugian alat komunikasi tertentu.
- Menentukan kelebihan/kekurangan alat transportasi tertentu.
C. PENINGGALAN SEJARAH DAN KEADAAN SOSIAL-BUDAYA
7. Keragaman suku bangsa
- Mengidentifikasi keragaman sosial/budaya Indonesia.
- Memberi contoh cara menghargai keragaman suku bangsa.
- Menentukan asal suku bangsa.
- Menentukan asal budaya (disajikan gambar).
- Mengidentifikasi permasalahan penduduk dan upaya mengatasinya.
8. Peninggalan sejarah
- Memberi contoh cara menghargai peninggalan sejarah.
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Hindu Buddha.
- Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Islam.
- Mengidentifikasi cara menghargai peninggalan sejarah.
- Menentukan cara melestarikan peninggalan sejarah tersebut.
- Menentukan asal peninggalan sejarah tersebut (disajikan gambar).
- Menunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional (melalui peta).
D. PERANAN TOKOH SEJARAH SEBELUM DAN SESUDAH PROKLAMASI
9. Tokoh sejarah
- Menentukan peranan tokoh sejarah pada masa tertentu Hindu Buddha.
- Menentukan peranan tokoh sejarah pada masa penjajahan Belanda/Jepang.
- Memberi contoh sikap menghargai perjuangan pahlawan/pejuang masa penjajahan Belanda/Jepang.
- Menentukan peranan tokoh sejarah dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan.
- Menentukan peranan tokoh sejarah dalam mempertahankan kemerdekaan .
- Menentukan peranan tokoh sejarah setelah kemerdekaan.
- Menentukan sikap pahlawan yang perlu diteladani oleh bangsa Indonesia.
E. WILAYAH DUNIA DAN GLOBALISASI
10. Kenampakan alam
- Menentukan gejala alam utama di negara tetangga.
- Menentukan gejala alam di Benua Asia.
- Menunjukkan karakteristik Australia.
- Menentukan gejala alam di Benua Amerika, Benua Afrika.
- Menentukan gejala alam di Benua Eropa.
- Menjelaskan cara menghadapi bencana alam.
- Menjelaskan penyebab terjadinya bencana alam di daerah tertentu.
11. Kehidupan sosial, ekonomi, budaya
- Mengidentifikasi kehidupan sosial budaya negara tetangga.
- Mengidentifikasi sumber daya alam di negara tetangga (disajikan peta).
12. Globalisasi
- Menunjukkan peranan Indonesia pada era globalisasi pada bidang tertentu.
- Menentukan dampak positif atau negatif globalisasi.
- Menentukan sikap yang harus dikembangkan dalam menghadapi dampak globalisasi.
13. Manfaat eksporimpor
- Mengidentifikasi komoditi ekspor atau impor Indonesia.
- Menentukan keuntungan atau kerugian barang ekspor atau impor.
- Menjelaskan manfaat ekspor atau impor barang.
Demikian informasi mengenai kisi-kisi US 2016 untuk SD/M, Paket A dan cara downloadnya. Semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar