Kamis, 24 Desember 2015

Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016 untuk SD, SLB, Paket A/ULA TP 2015/2016

05.01

Tertanggal 17 Desember 2015, Kepala Badan Penelitian dan pengembangan ( Balitbang) Kemdikbud mengeluarkan sebuah peraturan tentang Kisi-kisi US/M SD, Madrasah, SLB, Paket A/ULA tahun pelajaran 2015/2016.
Jadi, didalam kisi-kisi tersebut sudah memuat semua kisi-kisi soal US 2016 untuk jenjang SD sederajat.
Silahkan download kisi-kisi US 2016 SD/M Kejar Paket pada link dibawah ini.
Download Kisi-kisi Soal US/M SD 2015/2016


Dan berikut ini salah satu kisi-kisi soal US 2015/2016  mata pelajaran IPS  untuk Kejar Paket A
A. KONDISI GEOGRAFIS
1.  Pengetahuan peta
  • Menentukan arti simbol pada peta.
  • Menentukan skala peta.

2.  Kenampakan alam
  • Menentukan kenampakan alam yang terdapat pada provinsi.

3.  Kenampakan alam buatan
  •  Menentukan kenampakan alam buatan provinsi tertentu.
  •  Menentukan perbedaan waktu. 
  •  Menentukan pembentukan provinsi tertentu.

B. AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM KAITANNYA DENGAN SUMBER DAYA  ALAM DAN KEGIATAN EKONOMI
4.  Aktivitas ekonomi
  •      Mengelompokkan sumberdaya alam berdasarkan kriteria tertentu.
  •      Menentukan aktivitas penduduk sesuai dengan kondisi geografisnya atau sumber daya alam.
  •      Menentukan jenis kegiatan ekonomi penduduk.
  •      Menentukan usaha pemerintah untuk meningkatkan ekonomi penduduk di daerah tertentu.

5.  Koperasi
  •      Menentukan peranan koperasi bagi perekonomian bangsa Indonesia
  •      Mengidentifikasi manfaat koperasi bagi anggota koperasi.

6.  Teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
  •      Mengidentifikasi alat-alat produksi modern/tradisional.
  •      Menentukan ciri atau alat teknologi komunikasi masa lalu/masa kini.
  •     Mengidentifikasi keuntungan/kerugian alat komunikasi tertentu.
  •     Menentukan kelebihan/kekurangan alat transportasi tertentu.

C. PENINGGALAN SEJARAH DAN KEADAAN SOSIAL-BUDAYA
7.  Keragaman suku bangsa
  •     Mengidentifikasi keragaman sosial/budaya Indonesia.
  •     Memberi contoh cara menghargai keragaman suku bangsa.
  •     Menentukan asal suku bangsa.
  •     Menentukan asal budaya (disajikan gambar).
  •     Mengidentifikasi permasalahan penduduk dan upaya mengatasinya.

8.  Peninggalan sejarah 
  •     Memberi contoh cara menghargai peninggalan sejarah.
  •     Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Hindu Buddha.
  •     Mengidentifikasi peninggalan sejarah masa Islam.
  •     Mengidentifikasi cara menghargai peninggalan sejarah.
  •     Menentukan cara melestarikan peninggalan sejarah tersebut.
  •     Menentukan asal peninggalan sejarah tersebut (disajikan gambar).
  •     Menunjukkan tempat peninggalan sejarah yang berskala nasional  (melalui peta).

D. PERANAN TOKOH SEJARAH SEBELUM DAN SESUDAH PROKLAMASI
9.  Tokoh sejarah 
  •    Menentukan peranan tokoh sejarah pada masa tertentu Hindu Buddha. 
  •    Menentukan peranan tokoh sejarah pada masa penjajahan Belanda/Jepang.
  • Memberi contoh sikap menghargai perjuangan pahlawan/pejuang masa penjajahan Belanda/Jepang.
  • Menentukan peranan tokoh sejarah dalam mempersiapkan proklamasi kemerdekaan.
  • Menentukan peranan tokoh sejarah dalam mempertahankan kemerdekaan .
  • Menentukan peranan tokoh sejarah setelah kemerdekaan.
  • Menentukan sikap pahlawan yang perlu diteladani oleh bangsa  Indonesia.

E. WILAYAH DUNIA DAN GLOBALISASI
10.  Kenampakan alam  
  •      Menentukan gejala alam utama di negara tetangga.
  •      Menentukan gejala alam di Benua Asia.
  •      Menunjukkan karakteristik Australia. 
  •      Menentukan gejala alam di Benua Amerika, Benua Afrika.
  •     Menentukan gejala alam di Benua Eropa.
  •     Menjelaskan cara menghadapi bencana alam.
  •     Menjelaskan penyebab terjadinya bencana alam di daerah tertentu.

11.  Kehidupan sosial, ekonomi, budaya
  •    Mengidentifikasi kehidupan sosial budaya negara tetangga.
  •    Mengidentifikasi sumber daya alam di negara tetangga (disajikan peta).

12.  Globalisasi  
  •    Menunjukkan peranan Indonesia pada era globalisasi pada bidang tertentu.
  •    Menentukan dampak positif atau negatif globalisasi.
  •    Menentukan sikap yang harus dikembangkan dalam menghadapi dampak globalisasi.

13.  Manfaat eksporimpor
  •    Mengidentifikasi komoditi ekspor atau impor Indonesia.
  •    Menentukan keuntungan atau kerugian barang ekspor atau impor.
  •    Menjelaskan manfaat ekspor atau impor barang.


Demikian informasi mengenai kisi-kisi US 2016 untuk SD/M, Paket A dan cara downloadnya. Semoga bermanfaat.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 operator. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top