Selasa, 01 Desember 2015

PENDAMPINGAN KURTILAS BAGI MADRASAH SWASTA



YTH :
1.        POKJAWAS Pendidikan Madrasah ( Moderator)
2.       Kepala MTs Ma’arif Wangon (Peserta )
3.       Kepala MI Ma’arif Pageraji (Peserta )
4.       Kepala MI  Ma’arif Singasari (Peserta )
5.       Kepala MI Muhamadiyah Pasir Kidul (Peserta )
6.       Kepala MI Ma’arif Dawuhan Wetan (Peserta )

Assalamu’alaikum Wr, Wb.

Sambil Menunggu surat resmi, diberitahukan kepada Saudara bahwa peyelenggaraan Pendampingan Kurtilas bagi Madrasah Swasta  PELAKSANA KURTILAS  berupa kegiatan Bintek Kurtilas dilaksanakan pada :



Hari / Tanggal
Tempat

Keterangan

:
:

:

Jum’at   s.d  Senin , 4 s.d 7 Desember 2015
D’Garden Hall & Resto
Jl. Suparno Purwokerto  ( Timur GOR SATRIA )
Draf Jadwal, Data Peserta dan Daftar Moderator terlampir.




Kepada Pokjawas dimohon mengirimkan moderator sebagaimana  daftar lampiran dan Kepada Kepala Madrasah dimohon hadir sesuai dengan daftar terlampir.
Atas kerjasamanya disampaikan terimakasih

Wassalamu’alaikum Wr, Wb.

An. Kepala
Kasi Pendidikan Madrasah

               ttd

Ibnu Asaddudin, S.ag, M.Pd
NIP. 19720703 199303 1 005


    LAMPIRAN :
    1. DAFTAR PESERTA
                                           2. DAFTAR MODERATOR
                                                                                         3. JADWAL

Bantuan Dana 14 Juta Rupiah Untuk Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Kemdikbud


Kemdikbud banyak memberikan dana bantuan kepada guru baik kepada perorangan berupa beasiswa guru dari S1 hingga S2, maupun bagi kelompok seperti dana bantuan MGMP. Kali ini Kemdikbud lewat Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penelitian Kebijakan (Puslitjak) kembali berbagi dana bantuan untuk penulisan Penelitian Tindakan Kelas bagi seluruh tingkatan guru, baik itu guru SD, SMP, hingga

BELUM UPLOUD EMIS ONLINE/DATA BELUM LENGKAP

RA DAN MADRASAH YANG BELUM UPLOUD EMIS ONLINE/DATA BELUM LENGKAP
TANGGAL 02/12/2015 PKL. 04:00 WIB

MA :
1. MAN Sumpiuh
2. MAS Ma`arif NU 1 Kemranjen (kurang data umum dan sarpras)
3. MAS PPPI Miftahussalam (kurang data kegiatan)
4. MAS Muhammadiyah Pekuncen. (kurang data kegiatan)
5. MAS Al Ikhsan Beji Kedungbanteng.(kurang data umum dan sarpras)
6. MAS Raudhotut Tholibin Kembaran.(kurang data umum dan sarpras)

MTs:
1. MTsS MWI Kebarongan.

MI:
1. MIN Purwokerto.
2. MIS Muhammadiyah Lumbir​
3. MIS Muhammadiyah Kalipetung​
4. MIS Ma`arif NU 1 Klapagading​
5. MIS Muhammadiyah Gentawangi​
6. MIS Ma`arif Bentul
7. MIS MI Ma`arif NU Jingkang
8. MIS Ma`arif NU 02 Karangklesem​ (KURANG DATA KEUANGAN)
9. MIS Ma`arif NU Pangebatan
10. MIS Ma`arif Tamansari
11. MIS Muhammadiyah Kramat
12. MIS Muhammadiyah Gandatapa

RA:
1. RA Aisyiyah 03 Gentawangi
2. RA Miftahul Huda Selandaka
3. RA Diponegoro 68 Pancasan.
4. RA Mafatihul Islam Pandak
5. RA Diponegoro Lebeng
6. RA Al Huda Selanegara.
7. RA Tarbiyatul Athfal Nusadadi.
8. TA Al Islamiyah Assalaam Somagede
9. RA Diponegoro 176 Banjarsari (KURANG DATA LULUSAN)
10. RA Masyitoh 18 Pejaten Sokaraja Kulon(KURANG DATA LULUSAN)
11. RA Diponegoro 176 Banjarsari (KURANG DATA LULUSAN)
12. RA Diponegoro Pekuncen II (KURANG DATA LULUSAN)
13. RA Masyithoh 31 Karangrau (KURANG DATA LULUSAN)

Team EMIS Penma Banyumas

Download Silabus, Promes, Rencana Mingguan dan Standar Bahan Ajar PAUD/RA

Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Silabus harus disusun secara sistematis dan berisikan komponen-komponen yang saling berkaitan untuk memenuhi target pencapaian perkembangan  dasar. 
Silabus pembelajaran di PAUD Formal  dituangkan dalam bentuk perencanaan semester, perencanaan mingguan dan perencanaan harian.  
Tujuan pedoman pengembangan silabus, adalah sebagai berikut. 
  1. Sebagai acuan bagi guru/pendidik dalam menyusun dan mengembangkan silabus .
  2. Sebagai acuan bagi tenaga kependidikan lainnya dalam merencanakan dan melaksanakan pembinaan kepada guru/pendidik dalam menyusun dan mengembangkan silabus

Pedoman pengembangan silabus PAUD Formal ini mencakup tiga hal,  yaitu:
  1. Perencanaan semester
  2. Perencanaan mingguan
  3. Perencanaan harian

Download Silabus, Promes, Rencana Mingguan dan Standar Bahan Ajar PAUD/RA

Tema merupakan alat atau wadah untuk mengenalkan berbagai konsep kepada peserta didik secara utuh. Dalam pembelajaran, tema diberikan dengan maksud menyatukan isi kurikulum dalam satu kesatuan yang utuh, memperkaya perbendaharaan bahasa peserta didik dan membuat pembelajaran lebih bermakna. Penggunaan tema dimaksudkan agar peserta didik  mampu mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas.
  
B. Prinsip Penentuan Tema
Penentuan tema hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut.
  1. Kedekatan, artinya tema hendaknya dipilih mulai dari tema yang terdekat dengan kehidupan peserta didik kepada tema yang semakin jauh dari kehidupan mereka.
  2. Kesederhanaan, artinya tema hendaknya dipilih mulai dari tema-tema yang sederhana kepada tema-tema yang lebih rumit bagi peserta didik.
  3. Kemenarikan, artinya tema hendaknya dipilih mulai dari tema-tema yang menarik minat peserta didi kepada tema-tema yang kurang menarik.
  4. Kesesuaian, artinya tema disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di ingkungan setempat. 


C. Langkah Penentuan Tema
Pada awal tahun pelajaran,  penentukan tema yang akan dibahas dalam satu tahun sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan setempat. Beberapa dalam menentukan tema :   
1. Mengidentifikasi tema yang sesuai dengan hasil belajar dan  indikator dalam standar isi
2. Menata dan mengurutkan tema berdasarkan prinsip-prinsip pemilihan tema.
3. Menjabarkan tema ke dalam sub-sub tema agar cakupan tema ebih terurai. 
4. Memilih sub tema yang sesuai.

D. Tema
1. Diri Sendiri
2. Lingkunganku
3. Kebutuhanku
4. Binatang
5. Tanaman
6. Rekreasi
7. Pekerjaan
8. Air, Udara, dan Api
9. Alat Komunikasi
10. Tanah Airku
11. Alam Semesta

Tema-tema di atas merupakan contoh dan dapat dibuat tema lain atau  dikembangkan berdasarkan kondisi daerah dan kemampuan masing-masing lembaga sesuai dengan prinsip-prinsip penentuan tema, demikian pula dalam penentuan perkiraan waktu untuk setiap tema. 
Selain tema-tema tersebut di atas, apabila terjadi peristiwa atau kejadian di sekitar anak pada saat pembelajaran berlangsung hendaknya dimasukkan dalam pembelajaran walaupun tidak sesuai dengan tema yang dipilih pada hari itu.
Perencanaan semester merupakan program pembelajaran yang dipetakan berisi jaringan tema, bidang pengembangan, kompetensi dasar, hasil belajar, dan indikator yang ditata secara urut dan sistematis, alokasi waktu yang diperlukan untuk setiap jaringan tema, dan sebarannya ke dalam semester 1 dan 2. 
Download Silabus, Promes, Rencana Mingguan dan Standar Bahan Ajar PAUD/RA

Langkah-langkah pengembangan program semester, sebagai berikut:
  1. Mempelajari dokumen Kurikulum, yakni  dan standar perkembangan dasar.
  2. Menentukan tema yang dapat mempersatukan kompetensi-kompetensi tersebut untuk setiap kelompok dalam satu semester.
  3. Membuat “Matriks Hubungan Kompetensi Dasar dengan Tema”. Dalam langkah ini yang harus dilakukan adalah memasukkan hasil belajar dan/atau indikator ke dalam jaringan tema.
  4. Menetapkan pemetaan jaringan tema dengan memperhatikan keleluasaan cakupan pembahasan tema dan sub-sub tema serta minggu efektif sekolah, sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.

Beberapa administrasi yang dibutuhkan pada jenjang PAU/RA yang kami bagikan akan memuat diantaranya:
  1. Rencana Semester
  2. Rencana Kegiatan Mingguan
  3. RKH
  4. RKM
  5. Silabus Paud Formal
  6. Silabus Paud Non Formal
  7. Standard Isi Paud Formal
  8. Standard Isi Paud Non Formal
  9. Standard Bahan Ajar Paud Formal
  10. Standard Bahan Ajar Paud Non Formal
  11. Kurikulum Pembelajaran di Alam
Demikian artikel kami Download Silabus, Promes, Rencana Mingguan dan Standar Bahan Ajar PAUD/RA, semoga bermanfaat.

Alur Resmi Pendaftaran CPNS Online Kemdikbud

Alur Resmi Pendaftaran CPNS Online Kemdikbud | Beredar kabar bahwa pemerintah akan kembali mengadakan perekrutan CPNS pada tahun 2016 nanti. Bahkan di berbagai situs atau website banyak yang share link-link untuk mendaftar CPNS secara online.

Stop!!! Jangan terjebak link pendaftaran CPNS abal-abal! Bagi anda para guru honorer yang saat ini sedang berharap sekali untuk bisa menjadi PNS, jangan

MADRASAH harapan menuju kesuksesan




MADRASAH harapan menuju kesuksesan

Kita harus ingat tujuan utama dari kita berSekolah yakni menuntut ilmu. Terkadang idaman segelintir orang adalah bisa masuk MADRASAH yang ternama. Menurut saya, MADRASAH ternama sekalipun belum bisa di katakan MADRASAH idaman.
Idaman kita semua dari berSekolah tentulah menjadi orang sukses dikemudian hari. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses. Jadi, menurut saya, MADRASAH idaman itu ialah MADRASAH yang mampu mengasah dan membentuk siswanya dalam sebuah proses yang diminati dan dipahami agar menjadi siswa yang siap untuk menjalani masa depannya.
Untuk menciptakan MADRASAH idaman dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, salah satunya adalah guru.
Guru tak hanya terampil dalam mengajar mata pelajarannya tetapi juga harus bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi para siswanya agar para siswa semangat dalam belajar dan juga mengajarkan nilai moral dan etika, tidak hanya menuntut siswa dengan nilai sedangkan etika dan penguasaan pengetahuannya belum mantap.
MADRASAH bukanlah untuk mengejar nilai, tapi ilmu. Guru hendaknya juga menjalin komunikasi dengan orang tua siswa. Ini penting agar orang tua tau perkembangan sang anak di MADRASAH dan sang guru juga mengetahui perkembangan sang murid di rumah. Jika guru dan orang tua kompak dalam mendidik siswa, sang siswa jadi mudah terarahkan ke cita-cita yang ia inginkan.
Pemberian tugas dan pekerjaan rumah bagi siswa penting, tapi jangan terlalu menekan siswa dengan tugas yang banyak ataupun pekerjaan rumah berupa hafalan. Bisa dibayangkan stressnya para pelajar (termasuk saya) jika diberikan tugas yang sangat banyak dari beberapa mata pelajaran dan tugas yang banyak hafalan. Tugas yang terlampau banyak dan terkesan mendesak serta sukar di kerjakan akan menghambat siswa untuk fokus pada pelajaran lain. Terlalu banyak hafalan juga tidak bagus. Suatu pelajaran yang dipelajari secara menghafal akan cepat sirna.
MADRASAH adalah rumah kedua. Jika ada istilah home sweet home, maka ada juga istilah Madrasah sweet Madrasah. Rumah memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya, begitupun MADRASAH. MADRASAH juga harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswanya. Untuk itu MADRASAH diharapkan dapat memperhatikan hubungan para siswanya. Jangan sampai ada pertemanan kearah negatif diantara para murid. Hubungan negative dikalangan siswa diantaranya bermunculan genk-genk seperti genk motor, senioritas, pemalakan, dan kekerasan.
siswa yang menjadi korban dalam kasus-kasus tersebut dapat mengakibatkan depresi dan rasa takut untuk bersekolah. disinilah peran aktif guru, siswa, maupun orang tua siswa dibutuhkan.
Komunikasi diantara ketiga pihak tersebut harus baik agar dapat menindak tegas para siswa yang berbuat demikian.
Kalau guru, siswa, dan orang tua siswa sudah oke, sekarang tinggal masalah fasilitas dan lingkungan MADRASAH. fasilitas dan lingkungan MADRASAH ini perlu guna menunjang pemahaman siswa dan kenyamanannya.
Pemahaman secara materi diberikan oleh guru, MADRASAH menunjangnya dengan fasilitas yang butuhkan siswa untuk praktek mengenai materi yang telah diberikan oleh guru dengan anggran BOS Madrasah. Fasilitas yang diberikan MADRASAH tentunya harus dalam keadaan layak pakai dan dapat mencukupi kebutuhan siswanya. Rugikan .....???? dana pemerintah dan uang Infaq jika ada yang dibayar tiap bulan tidak difungsikan sebagai mungkin untuk siswanya?
Lingkungan MADRASAH yang kotor tentu dapat menurunkan minat belajar siswa dan memberikan bonus bibit penyakit. Lingkungan MADRASAH yang asri, bersih, dan sejuk pasti dapat menambah semangat siswanya untuk belajar. Saya rasa kondisi bangunan siswa perlu diperhatikan agar tidak membahayakan siswa saat proses pembelajaran.
Alangkah indahnya jika MADRASAH-MADRASAH dapat mewujudkan MADRASAH dambaan saya seperti yang telah disebutkan. Memilih MADRASAH pasti akan terasa mudah. Tidak ada lagi pembatas antara MADRASAH unggulan maupun MADRASAH yang terbilang biasa. Semua MADRASAH itu sama, sama-sama berfungsi untuk mengeluarkan anak bangsa yang berprestasi.
Harapan saya untuk pendidikan di Indonesia ke depannya ialah semua lapisan masyarakat dapat memajukan mutu pendidikan di Indonesia hingga ke berbagai pelosok pedalaman agar jika ujian nasional berbagai daerah dapat merasa adil dengan pendidikan yang sederajat antara pedalaman dan di kota. Jangan hanya terus menerus menyalahkan pemerintah yang tidak bisa memajukan mutu pendidikan, tapi kita semua harus sadar bahwa kita juga turut menentukannya. Jangan sampai pendidikan yang kurang baik yang kita terima kembali di dapat oleh generasi selanjutnya. Kita harus sama-sama berusaha untuk mewujudkan salah satu cita-cita bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pengembang Potensi Siswa
Ali Munif, S.Pd.I

Diberdayakan oleh Blogger.

 

© 2013 operator. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top