Jumat, 16 Oktober 2015

Kisi-kisi UN 2015/2016 SMP, SMA dan Kejar Paket Resmi BSNP

BSNP atau Badan Nasional Standar Pendidikan telah mengeluaran Kisi-kisi UN untuk tahun pelajaran 2015/2016. Dan tentu saja kisi-kisi tersebut bisa didownload dihalaman resmi BSNP, http://bsnp-indonesia.org.
Pada tanggal 12 Oktober 2015, BSNP telah merilis kisi-kisi untuk US 2015/2015 ini, dan pada tanggal 15 Oktober 2015 pihak BSNP melakukan ralat pada kisi-kisi yang diupload tersebut.
Untuk download kisi-kisi un 2015/2016 ini, berikut link download:
  1. Kisi-kisi UN 2015/2016 jenjang SMP
  2. Kisi-kisi UN 2015/2016 jenjang SMA
  3. Kisi-kisi UN 2015/2016 jenjang SMK
  4. Kisi-kisi UN 2015/2016 jenjang Paket B dan C
Kisi-kisi UN 2015/2016 ini sangat dibutuhkan setiap satuan pendidikan, mengingat sebentar lagi semester satu akan habis dan semester dua sudah menunggu. Sehingga, pihak sekolah bisa maksimal dalam mempersiapkan siswa-siswinya untuk menghadapi ujian pada tahun 2016 nanti.
Kisi-kisi UN 2015/2016 SD,SMP.SMA dan SLB Resmi BSNP
Jika tidak ada perubahan, maka pelaksanaan UN 2015/2016 nanti adalah sebagai berikut ini:
  1. Ujian Nasional SMA/MA, tanggal 11-14 April 2016 (Utama), dan 18-21 April  2016 (Susulan); 
  2. Ujian Nasional SMALB tanggal 11-14 April 2016 (Utama), dan 18-21 April  2016 (Susulan); 
  3. Ujian Nasional SMK/MAK, tanggal 11-14 April 2016 (Utama), tanggal 18-21 April 2016 (Susulan);
  4. Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB tanggal 18-21 April  2015 (Utama) dan 25-28 April  2016 (Susulan); 
  5. Ujian Sekolah SD/MI/SDLB tanggal 9-11 Mei 2016 (Utama) dan tanggal 16-18 Mei 2016 (Susulan).
Jadwal tersebut sesuai dengan Kaldik 2015/2016, sehingga masih ada banyak waktu untuk persiapan peserta didik dalam penguasaan materi yang akan diujikan dengan melihat kisi-kisi ini.
Kisi-kisi saat ini mengacu pada Peraturan BSNP No 0035/P/BSNP/IX/2015 mengenai  Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Dikdas dan Dikmen.
Kisi-kisi soal Ujian Nasional merupakan sebuah acuan didalam pengembangan dan perakitan soal UN dan disusun berdasar kriteria pencapaian lulusan, standar ini, dan kurikulum yan berlaku.
Kisi-kisi UN disusun dan berdasar dalam perimbangan lingkup materi yang sama pada Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.
Kisi-kisi UN 2015/2016 SD,SMP.SMA dan SLB Resmi BSNP
Gambar di atas menujukkan salah satu bagian dari Kisi-kisi UN SMP 2015/2016. Demikian informasi kami, semoga bermanfaat.

Inilah Cara Melihat Daftar Peserta, Jadwal dan Lokasi UKG 2015 Terbaru

Daftar Peserta dan Lokasi UKG 2015Seperti yang kita ketahui, pelaksanaan UKG tahun 2012 sebagai bagian dari proses sertifikasi guru. Dan mulai 2015 ini, UKG dilaksanakan rutin sebagai alat ukur profesionalisme seorang guru. Tujuan UKG sendiri adalah untuk mengukur dalam kompetensi individual dan memetakan penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional. Dan UKG 2015 ini benar-benar terfokus pada pengukuran kompetensi pedagogik dan profesional.

Peserta UKG 2015 ini akan terambil dari semua pendidik baik PNS maupun non PNS dengan total 192 pelajaran.Hasil UKG nantinya akan digunakan juga sebagai bagian dari PKG/Penilaian Kinerja Guru, sehingga guru harus mengikuti UKG sesuai bidang yang diampunya. Hal ini sesuai dengan prinsip profesionalisme seorang guru. Selain sebagai bagian dari PKG, hasil UKG 2015 ini akan menjadi dasar pertimbangan dalm mengambil langkah kebijakan untuk program pembinaan dan pengembangan profesi pendidik serta untuk penghargaan dan apresiasi terhadap seorang guru.

Peserta UKG 2015

Dalam penetuan peserta UKG 2015, data penetapan calon peserta UKG 2015 adalah semua guru di Indonesia yang berjumlah sekitar 3 juta orang, baik PNS maupun Non PNS, baik yang sudah punya NUPTK maupun yang belum akan dilakukan UKG pada bulan November 201 nanti.

  1. Informasi kepesertaan sudah tampil  di website info.gtk.kemdikbud.go.id
  2. Informasi kepesertaan juga bisa dilihat pada alamat sergur.kemdiknas,go.id
  3. Jadwal UKG dan TUK sementara dalam proses finalisasi sampai tanggal 24 Oktober 2015
  4. Nanti operator  dinas kab/kota yang menangani sertifikasi guru akan memverifikasi peserta UKG 2015.
  5. Data awal untuk peserta UKG terambil dari data Dapodik 2014.2 semua jenjang.
  6. UKG 2015 ini bertuuan untuk pemetaan kompetensi PTK, dan jika hasil UKG nilainya dinyatakan dibawah standar,  nantinya akan ada pembinaan bagi PTK yang bersangkutan.
 peserta UKG 2015

Demi kesuksesan pelaksanaan UKG, maka disusunlah sebuah sistem informasi yang lengkap dan semuanya itu tertuang dalam pedoman pelaksanaan UKG. Dalam dokumen pedoman pelaksanaan UKG ini berisi tentang persiapan sampai pelaksanaan UKG 2015. Tujuan dari dibuatnya pedoman pelaksanaan UKG adalah agar semua instansi yang terkait dan terlibat dalam pelaksanaan UKG memiliki sudut pandang dan pemahaman yang sama tentang dasar pelaksanaan,mekanisme, standar operasional UKG
Seusia yang tertulis dalam Pedoman Pelaksanaan UKG 2015, dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 9-27 November 2015 serentak diseluruh Indonesia. 

Lalu bagaimana cara mencari daftar peserta UKG?

Untuk mencari informasi daftar peserta dan lokasi UKG 2015 yang terbaru, maka bisa dengan meggunakan NUPTK atau nomor peserta UKG pada kolom pencarian atau dengan mengisikan nama dan kabupaten atau kota, dan klik tombol cari, maka data akan ditampilakn secara terperinci.
Mari kita coba melihat daftar peserta UKG 2015 dengan melalui website resminya.
  1. Kunjungi link berikut ini, http://sergur.kemdiknas.go.id/?pg=ukg15
  2. Tampilan pencarian untuk mencari daftar peserta UKG akan muncul seperti gambar berikut:
     Daftar Peserta UKG 2015
  3. Klik tombol cari, maka sistem akan menemukan data lengkap mengenai kepesertaan UKG kita.
  4. Setelah berhasil memasukkan NUPTK atau nama dan kab/kota, maka akan muncul data kepesertaan UKG anda, seperti dibawah ini.
     Daftar Peserta UKG 2015
  5. Jika pada status verifikasi belum diverifikasi, maka silahkan hubungi admin dinas untuk segera dilakukan verifikasi sebagai peserta UKG 2015.

Cara Melakukan Verifikasi Peserta UKG 2015

Proses verifikasi peserta UKG 2015 ini dilakukan oleh dinas pendidikan kab/kota. Yang perlu diketahui adalah, Daftar calon peserta UKG ini ternyata tidak dapat ditambah dan tidak dapat dikurangi, terkecuali disebabkan karena adanya pensiun, mutasi dan atau yang bersangkutan meninggal dunia. Dan sebagai berkas pendukung dalam verifikasi peserta UKG 2015, maka perlu dipersiapkan ijasah terakhir legalisir dan diserahkan kepada admin dinas kab/kota setempat.
Setelah proses verifikasi peserta UKG 2015 selesaui, maka kita tinggal menunggu hasil verifikasi untuk mengetahui dimana dan kapan untuk mengikuti UKG 2015 ini.
Setelah terdaftar dalam peserta UKG 2015, maka yang perlu dipersiapkan adalah penguasaan materi yang akan diujikan. Maka dari itu, maka ada baiknya jika anda membaca dan mempelajari kisi-kisi UKG 2015 ini.
Kisi-kisi sudah disedikan oleh Kemdikbud, dan bisa didonwload dihalaman utama dengan melalui http://sergur.kemdiknas.go.id/.
Demikian informasi mengenai cara melihat daftar peserta dan lokasi UKG 2015 terbaru. Semoga bermanfaat.

Senin, 12 Oktober 2015

DKPP BOP RA

Kepada Yth.
Ka. RA/BA/TA Calon Penerima BOP RA TA 2015

Assalamu'alakum wr. wb.

Untuk keperluan pencairan BOP RA, dimohon untuk mengirim Daftar Kebutuhan Permohonan Pencairan (DKPP) BOP RA ke alamat kelembagaanpenmabanyumas@gmail.com paling lambat hari Rabu, 14 Oktober 2015.
Atas kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr. wb.

MONEV TPG TA. 2015



Kepada Yth.
1. Pengawas Pendidikan Madrasa
2. Kepala Madrasah Negeri dan swasta
    se_kab. Banyumas
    di Tempat

berdasar DIPA tahun 2015 bahwa, pelaksanaan penyaluran tunjangan Profesi Guru setelah digunakan dan tahap persiapan perlu diadakan MONEV , maka akan kami laksanakan MONEV TPG pada lampiran berikut

UNDUH

INTRUMEN 

MONEV BOS 2015



Kepada Yth.
1. Pengawas Pendidikan Madrasa
2. Kepala Madrasah Negeri dan swasta
    se_kab. Banyumas
    di Tempat

berdasar Juknis BOS tahun 2015 bahwa, pelaksanaan penyaluran BOS setelah digunakan dan tahap persisan perlu diadakan MONEV , maka akan kami laksanakan MONEV BOS pada lampiran berikut

unduh SK dan Surat Tugas
unduh intrumen komite
unduh intrumen monev NEGERI
unduh intrumen kepala madrasah SWASTA
unduh ceklis BOS



Kamis, 08 Oktober 2015

Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015

Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015 -Langkah Dirjen GTK dalam melakukan pemetaan kompetensi guru se Indonesia tampaknya menarik perhatian yang besar bagi insan pendidik. Pelaksanaan UKG sendiri akan diujikan pada November 2015, atau bulan depan. Berbagai persiapan menghadapi UKG ini terus dilakukan oleh calon peserta UKG. Langkah pertama untuk memprediksi soal yang akan diujikan, maka sebiaknya melihatnya pada kisi-kisi UKG 2015 ini.
Dibawah ini kami bagikan kisi-kisi soal penjaskes dan matematika pada UKG 2015 November nanti.
Kisi-kisi soal Penjaskes pada UKG 2015.
Apakah anda seorang guru penjaskes? Jika iya, maka tidak ada salahnya melihat kisi-kisi soal penjaskes pada UKG  2015 nanti.
Dalam kisi-kisi ini, dibagi menjadi 2 kompetensi utama, yaitu Pedagogik 40 indikator dan Profesional 60 indikator, dan dari semua itu terdiri dari 60 indikator esensial pada mata pelajaran Penjaskes.
berikut ini  kisi-kisi dan indikator penjaskes UKG 2015
Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015
Kompetensi Pedagogik
  1. Memanfaatkan potensi kognitif yang dimi liki oleh peserta didik dalam mendukung pembelajaran 
  2. Menganalisis karakteristik peserta didik dengan berbagai potensi pembelajaran PJOK
  3. Menganalisis bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran PJOK
  4. Mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK
  5. Mengidentifikasi potensi kognitif peserta didik dalam mata pelajaran PJOK
  6. Mengidentifikasi potensi psikomotorik peserta didik dalam mata pelajaran PJOK
  7. Memilih teori belajar dalam PJOK yg sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik
  8. Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran PJOK
  9. Memilih berbagai pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam PJOK yg sesuai dg tujuan pembelajaran
  10. Menganalisi s prinsip-prinsip pengembangan kurikulum
  11. Menerapkan prinsip-prissip perumusan tujuan pembelajaran
  12. Menyusun langkah-langkah pembelajaran sebagai pemberian pengalaman belajar yang berarti bagi peserta didik
  13. Menganalisis materi pembelajaran PJOK yang sesuai dengan bekal ajar, dan tujuan pembelajaran PJOK
  14. Mengorganisir materi pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik
  15. Menyusun instrument pembelajaran dengan prinsip yang benar
  16. Menerapkan konsep dasar penyusunan RPP; pengertian, komponen, prinsip,dan langkah penyusunan
  17. Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran
  18. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan
  19. Melaksanakan langkah dan prosedur pelaksanaan pembelajaran setiap lingkup pembelajaran PJOK secara scientific 
  20. Mengidentifikasi berbagai jenis media dan sumber pembelajaran
  21. Menentukan alternative langkah pembelajaran sesuai dengan situasi
  22. Memanfaatkan perangkat TIK dalam pembelajaran
  23. Mengidentifikasi jenis kegiatan yang dapat digunakan sebagai wahana pengembangan potensi belajar peserta didik
  24. Menyusun program pengembangan potensi aktualisasi diri peserta didik
  25. Menerapkan berbagai cara berkomunikasi yang efektif
  26. Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan,dan/atau bentuk lain
  27. Menentukan prinsip penilaian yang sesuai dengan standar penilaian
  28. Menetapkan aspek yang akan dinilai selama proses dan akhir pembelajaran
  29. Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
  30. Mengembangkan instrument penilaian dengan berbagai jenis, bentuk, dan teknik dalam pembelajaran PJOK
  31. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
  32. Menerapkan prinsip analisis hasil penilaian
  33. Memaknai hasil penilaian pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan
  34. Menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi ketuntasan belajar
  35. Merancang tindak lanjut pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi
  36. Mengidentifikasi pemangku kepentingan dalam pelaporan penilaian
  37. Menentukan strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran
  38. Menentukan komponen pembelajaran yang perlu diperbaiki berdasarkan hasil
  39. refleksi pembelajaran sehingga mampu menjadi pembelajar yang tangguh
  40. Mendeskripsikan cara melakukan refleksi hasil pembelajaran
  41. Menerapkan prinsip penelitian tindakan kelas dengan benar


Kompetensi Profesional
Mendeskripsikan pengertian pendidikan jasmani, pendidikan olahraga dan
pendidikan kesehatan
Menganalisis perbedaan dan persamaan pendidikan jasmani, pendidikan
olahraga dan pendidikan kesehatan
Mengaplikasikan perspektif sejarah pendidikan jasmani dalam pengembangan
sikap peserta didik
Mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu urai tubuh untuk pengembangan
sikap peserta didik
Menerapkan prinsip gerak pada pembelajaran keterampilan dalam
pembelajaran PJOK
Menerapkan prinsip kerja alat gerak tubuh dalam melakukan pembelajaran
PJOK
Mengidentifikasi berbagai gejala kejiwaan peserta didik
Menganalisis konsep psikologi
Menganalisis gejala psikologis peserta didik dan tindakannya
Mengidentifikasi berbagai gejala sosial peserta didik
Mendeskripsikan konsep sosiologi
Menganalisis gejala sosiologis peserta didik dan tindakannya
Menerapkan prinsip sosiologi olahraga dalam memberi tindakan terhadap
gejala gangguan sosial peserta didik (dinamika sosial; etika dan perilaku moral,
dan budaya, suku, dan perbedaan jenis kelamin)
Menerapkan prinsip perkembangan gerak dalam melakukan pembelajaran
PJOK
Menganalisis tahap-tahap perkembangan gerak
Menerapkan prinsip perkembangan gerak dalam melakukan pembelajaran
PJOK
Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan ideal peserta didik
Mengidentifikasi konsep belajar gerak peserta didi
Mengevaluasi pola gerak dasar dan teknik keterampilan dalam pembelajaran 
PJOK
Menerapkan prinsip belajar gerak, dalam melakukan pembelajaran PJOK
Menerapkan tahap-tahap belajar gerak dalam pembelajaran
Menganalisis kompetensi inti mata pelajaran PJOK
Mengidentifikasi kompetensi dasar mata pelajaran PJOK
Menganalisis kompetensi dasar PJOK.
Memetakan kompetensi dasar penjas berdasar lingkup, ranah, dan gradasinya
Menganalisis prinsip perumusan tujuan pembelajaran
Mengidentifikasi ranah pembelajaran
Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
Merumuskan tujuan pembelajaran.
Menganalisis karakter peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangannya
Menjelaskan karakter setiap materi pembelajaran dan kesesuaiannya dengan
kompetensi yang akan dicapai
Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
Mengidentifikasi aktivitas dalam pengembangan pola gerak dasar
Menganalisis materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan dan
olahraga bola besar
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan dan olahraga
bola besar
Menganalisis materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas permainan dan
olahraga bola kecil
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas atletik
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas bela dir
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas pengembangan
kebugaran jasmani
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas senam
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas gerak berirama (ritmik)
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup aktivitas air
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup pertolongan pertama pada
kegawatdaruratan
Memilih materi pembelajaran dalam lingkup pengembangan budaya hidup
sehat
Menerapkan prinsip dan prosedur pemodifikasian materi pembelajaran
Memodifikasi materi pembelajaran sesuai dengan karakter peserta didik
Menganalisis kompetensi profesi yang harus dimi liki guru
Melakukan penilaian kinerja secara mandiri (self assessment)
Mengidentifikasi manfaat penilian mandiri (self assessment) sebagai cara 
merefleksi diri
Menjelaskan prosedur pemanfaatan hasil penilaian kinerja mandiri
Menganalisis konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas; prinsip, jenis,
karakteristik, dan kriteria
Mengidentifikasi tahap dan prosedur Penelitian Tindakan Kelas
Membuat judul Penelitian Tindakan Kelas
Menganalisis aneka sumber belajar untuk peningkatan keprofesionalan 
berkelanjutan
Menjelaskan berbagai informasi terkini sesuai dengan bidang profesinya
Memanfaatkan perangkat TIK dalam pengembangan pembelajaran
Mengunakan perangkat TIK untuk melakukan penulisan dan pengembangan 
diri
Menggunakan perangkat TIK sebagai sumber referensi penulisan

Demikian artikel tentang Kisi-Kisi Soal Penjaskes UKG 2015. Selamat mempersiapkan diri.

Rabu, 07 Oktober 2015

UNDANGAN PENGISIAN FORMULIR DAN PENANDATANGANAN REKENING BOP RA

Kepada yth.
Ka. RA/BA (daftar terlampir)

Assalamu'alaikum wr. wb.

Mengharap kehadiran Saudara beserta bendahara BOP RA pada acara pengisian formulir dan penandatanganan rekening BOP RA pada:

Hari/tanggal : Jum'at, 9 Oktober 2015
Waktu          : Pukul 09.00 WIB - selesai
Tempat         : Gedung FKUB Kankemenag Kab. Banyumas

Dengan membawa:
1. Fc KTP kepala dan bendahara
2. Fc NPWP RA
3. Fc SK pengangkatan kepala dan bendahara
4. Fc izin operasional
5. Stempel RA

Demikian, atas kehadirannya diucapkan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr. wb.


Diberdayakan oleh Blogger.

 

© 2013 operator. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top