Selasa, 25 Agustus 2015

PERCEPATAN PENCAIRAN BOS 2015





Nomor             :  Kd. 11.02/2/PP.00/            /2015                                    Purwokerto, 24 Agustus 2015
Sifat                   :  SEGERA
Lampiran        :  1 (satu) bendel
Perihal             :  Percepatan Penyaluran BOS Tahap II
                                TA. 2015
Kepada Yth:
Kepala Madrasah MI, MTs dan MA Swasta
Se_Banyumas

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Menindak lanjuti surat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah nomor: Kw.11.2/4/PP.04/15624/2015 tanggal 14 Juli 2015 tentang Percepatan Penyaluran BOS 2015, maka perlu dilakukan langkah-langkah percepatan penyaluran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) oleh Tim Manajemen BOS Madrasah di Kabupten Banyumas :
Untuk percepatan penyaluran Bantuan Oerasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2015 perlu kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.       Kepala madrasah mengirimkan lampiran SK Penetapan Guru atau Tenaga Kependidikan Honorer sesuai kebutuhan melalui lampiran SK (terlampir);
2.       Menyerahkan Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM) triwulan II (terlampir);
3.       Menyerahkan Daftar Rincian Permintaan Pembayaran (DRPP) Triwulan II (terlampir);
4.       Menyerahkan Daftar Kebutuhan Permohonan Pencairan Periode 1 April s.d 30 Juni 2015 (terlampir);
5.       Membuat Surat Perintah Bayar (SPBy)
6.       Mengganti Kuitansi/Bukti pembayaran versi Satuan Kerja (Satker) terbaru;
7.       Tim manajeman BOS pada madrasah segera mengumpulkan semua bukti-bukti nota/kwitansi dengan Snelhechter Mica (bagi MI Warna Merah, MTs Warna Hijau, dan MA warna Kuning ); Berkas tersebut sudah kami terima paling akhir Hari Jum’at, 28 Agustus 2015 dalam bentuk Hard copy dan Soft copy.

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan terima kasih.

Wassalamu’alaikum

Kepala,
ttd.
Drs. H. bambang Sucipto, M.Pd.I
UNDUHUBORAMPE YANG WAJIB ADA
UNDUH CONTOH RAKM

LPJ BOS
1. KOVER
2. KATA PENGANTAR
3. DAFTAR ISI
4. Surat Perjanjian Pemberian Bantuan (SPPB) UNDUH
5. Lampiran SK Penetapan Honor Guru/Tenaga Kependidikan Honorer
6. SK dan Daftar Panitia Setiap Kegiatan beserta daftar nominatif honor yg bersumber dari BOS 2015 ttd PPK ( Drs. Qoribun, M.S.I)
7. BUKU KAS UMUM
8. RKAM (per triwulan)
9. DRPP
10. SPBy
11. DAFTAR KEBUTUHAN PERMOHONAN PENCAIRAN

UNDUH JUKNIS REVISI BOS 2015

STANDAR BIAYA UMUM DAERAH KAB. BANYUMAS UNDUH
STANDAR HONOR DAERAH UNDUH
STANDAR BELANJA ATK DAERAH UNDUH
YANG BUTUH SBU/SBM MAKSIMAL BISA MINTA KE KANTOR 




Senin, 24 Agustus 2015

Beasiswa S2 Guru PAI 2015

Beasiswa S2 Guru PAI 2015 - Dalam upaya meningkatkan kualifikasi dan kompetensi guru/pengawas PAI dan meningkatkan mutu penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, Direktorat Pendidikan Agama Islam  Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI menyediakan bantuan dan beasiswa Kualifikasi S2 program studi Supervisi Pendidikan Islam angkatan 2015.

Waktu dan tempat Pendaftaran Beasiswa S2 Guru PAI 2015.

Ketentuan yang disampaikan olek Kemenag adalah setiap calon peserta hanya diperbolehkan mendaftar di satu perguruan tinggi saja, dan pendaftaran dimulai pada tanggal 19 Agustus - 18 September 2015, dan pendaftaran bisa dilakukan di Pascasarjana PT Keagamaan Islam sebagai berikut:

Persyaratan Beasiswa S2 Guru PAI 2015

Calon pelamar program beasiswa S2 Guru PAI 2015 adalah sebagai berikut:
  1. Mengisi formulir yang tersedia
  2. Berusia maksimal 37 tahun. Bagi guru PAI yang mengajar di daerah tertinggal, terluar dan terdepan maksimal 42 tahun.
  3. Melampirkan ijasah terakhir 2 lembar
  4. Melampirkan transkrip nilai
  5. Melampirkan SK kenaikan pangkat terakhir yang dilegalisir pejabat berwenang
  6. Memiliki pengalaman mengajar minimal 4 tahun.
  7. Foto 3 x 4 2 lembar
  8. FC KTP
  9. Surat persetujuan kepala sekolah
  10. Melampirkan Surat Persetujuan ijin dari Ka Kantor Kemenag Kab/Kota ( bagi pengawas)

Pengumuman Hasil Ujian Program Beasiswa S2 Guru PAI 2015

  1. Pengumuman kelulusan dilakukan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan.
  2. Peserta yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat ditetapkan didalam Surat Keputusan Pimpinan Pascasarjana; 
  3. Peserta yang  ditetapkan di dalam Surat Keputusan Pimpinan Pascasarjana diusulkan  kepada  Dirjen  Pendidikan  Islam  untuk  ditetapkan  sebagai  guru  PAI/pengawas  PAI  penerima beasiswa angkatan 2015. 

Jadwal Kegiatan Beasiswa S2 Guru PAI 2015

1  Penyeleksian syarat-syarat calon peserta  18 September 2015
2  Pengumuman hasil seleksi administrasi 21 September 2015
3  Pelaksanaan test calon peserta  28 s/d 29 September 2015
4  Pendaftaran ulang (registrasi) calon peserta  01 Oktober 2015
5  Kuliah perdana  19 s/d 24 Oktober 2015  

Untuk info selengkapnya, bia mengunjungi http://pendis.kemenag.go.id/ untuk download formulir lengkap.
Demikian informasi kami mengenai program beasiswa S2 Guru PAI 2015. Selamat mendaftar.
 
 

Sabtu, 22 Agustus 2015

UKG 2015 Digelar pada November 2015

Sesuai surat edaran Dirjen GTK, Kemdikbud akan mengadakan UKG atau Uji Kompetensi Guru, akan dilaksanakan bulan November nanti. Ada sekitar 3 juta guru seluruh Indonesia yang akan mengikuti UKG 2015 ini. UKG akan dilaksakanan secara online bagi kabupaten/kota yang dianggap siap melaksanakan UKG online. Bagi yang belum siap akan dilaksanakan UKG secara online.

Latar Belakang UKG 2015

Pelaksanaan UKG 2015 ini adalah sebuah upaya dalam mencapai target RPJMN/Pembangunan Jangka Menengah Kemdikbud, yaitu rerata kompetensi seorang guru pada tahun 2019 haruslah mencapai nilai 8.00. Sebagai perbandingan, UKG 2012 yang lalu, rerata kompetensi guru dan KS mencapai angka 4.7.
Dengan begitu, UKG 2015 ini juga akan menjadi catatan tersendiri bagi Kemdikbud, apakah rerata capaian kompetensi guru di Indonesia akan mengalami kenaikan, atau malah penurunan.
Oleh sebab itu, Dirjen GTK Kemdikbud menyampaikan beberapa permohonan terkait pelaksanaan UKG 2015 nanti kepada para kepala dinas pendidikan baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk semakin memotivasi para guru dan KS supaya meningkatkan kemampuan profesinya.
UKG 2015 Digelar pada November 2015


Instruksi Dirjen GTK Kemdikbud terkait UKG 2015

Berikut ini instruksi Dirjen GTK Kemdikbud kepada kepala dinas pendidikan baik provinsi maupun kab/kota se-Indonesia terkait dengan pelaksanaan UKG 2015.
  1. Melakukan Sosialisasi mengenai pelaksanaan UKG 2015 kepada para guru dan KS/kepala sekolah.
  2. Mempersiapkan infrastruktur berupa tempat pelaksanaan UKG 2015 atau TUK/tempat uji kompetensi.
  3. Persiapan dalam pelaksanaan UKG Nasional yang nantinya dikoordinir melalui Dirjen GTK Kemdikbud perkiraan bulan September 2015.

Masih ada cukup waktu untuk mempersiapkan diri dalam menghadai UKG 2015, salah satunya dengan latihan dan contoh soal UKG 2015 ini. Silahkan download disini untuk contoh soal UKG 2015.

Download Juknis dan Contoh Formulir e-PUPNS 2015

Sehubungan dengan akan dilaksanankannyae-PUPNS 2015 maka ada baiknya untuk download juknis dan contoh formulir e-PUPNS 2015.
Lalu apa sebenarnya yang disebut e-PUPNS 2015 ini?
e-PUPNS adalah sebuah program pendataan ulang PNS yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang valid dan real sesuai lapangan, sehingga data PNS yang masuk dalam database BKN merupakan data yang valid.  Untuk dasar hukum pelaksanaan e-PUPNS sendiri adalah Perka BKN No XX 2015. Sistem e-PUPNS berfungsi sebagai media perangkat (tool) dalam mendukung kegiatan pendataan ulang bagi  para PNS, sistem ini berfungsi juga sebagai sebuah sarana untuk membansuatgun suatu komunikasi antar semua pihak yang  terkait didalam proses  e-PUPNS baik Instansi Pusat maupun Daerah. Sebelum melaksanakan e-PUPNS 2015 ini, maka silahkan download juknis dan formulir e-PUPNS 2015, sehingga akan membantu anda membimbing bagaimana cara melakukan e-PUPNS 2015, sehingga data yang anda masukkan adalah data valid.
download juknis dan contoh formulir e-PUPNS 2015

Sistem  e-PUPNS adalah merupakan suatu  sistem yang dibangun oleh BKN kekuatan dengan terknologi berbasis web, sehingga saat ini untuk pengguna bisa mengakses dengan menggunakan web browser dengan mengunjungi alamat :

http://www.pupns.bkn.go.id

Untuk download juknis dan formulir e-PUPNS 2015, maka silahkahkan klik link dibawah ini:
  1. Download juknis e-pupns 2015
  2. Download contoh formulir e-pupns 2015
Selain melakukan persiapan download juknis dan formulir, maka ada baiknya anda menyiapkan beberapa berkas dalam kaitannya dengan pelaksanaan e-PUPNS 2015, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. FC SK PNS dan CPNS
  2. FC SPMT pertama kali sebagai CPNS
  3. FC Ijasah yang dimiliki dan diakui
  4. FC seluruh SK Kenaikan Pangkat
  5. FC seluruh SK jabatan
  6. FC STTPL DIklat Fungsional/Strukutural/Teknis
  7. FC Askes/BPJS
  8. FC NPWP
  9. FC Sertifikat Pendidik
  10. FC SK Konversi NIP
  11. FC Karsu( kartu suami),Karis ( Kartu istri)
  12. FC Kartu Taspen
  13. FC Akta Kelahiran
  14. FC Surat Nikah
  15. FC Surat Keterangan Cerai.Meninggal Isteri/Suami bagi yang janda/duda
  16. FC Askes/BOJS keluarga tangguangan
Data berkas diatas hanya sebagai perkiraan data yang dibutuhkan, ada kemungkinan berbeda. Pelaksanaan e-PUPNS akan dimulai 1 September 2015, dan bagi PNS yang sudah pernah mengikuti PUPNS 2003, maka nantinya tinggal melengkapi data saja.
Demikian informasi donwload juknis dan formulir e-PUPNs 2015. Semoga bermanfaat.

Jumat, 21 Agustus 2015

UNDANGAN BIMTEK KURTILAS GELOMBANG II





KEPADA YTH.
1.   KEPALA MTS
2.   KEPALA MA
    SE- KABUPATEN BANYUMAS
BIMTEK KURTILAS GELOMBANG II DISELENGGARAKAN TANGGAL 22 S.D 25 AGUSTUS 2015 PUKUL 07.00 WIB).
TEMPAT HALL & RESTO GARDEN , JL. SUPARNO PURWOKERTO
KETENTUAN :
1. MEMBAWA SURAT TUGAS DARI KEPALA MADRASAH 
2.   MEMBAWA SPD  
3.   MENYERAHKAN BIODATA PESERTA
4.   MENYERAHKAN PAST FOTO 3 X 4 ( 3 LEMBAR) DAN 4 X 6 (2 LEMBAR).
5.   TRANSPORT DITANGGUNG MADRASAH

MATERI SOSIALISASI BOS 2015

 Kepada Yth :
1. Pengawas Madrasah;
2. Kepala MI;
3. Kepala MTs;
4. Kepala MA.
di
      Tempat

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Berikut ini kami sampaikan materi sosialisasi Penguatan Tenaga Pengelola BOS Madrasah Tahun 2015 di Hotel Aston Imperium Purwokerto.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb


UNDUH

Cara Mutasi Siswa Masuk Secara Online di Alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/

Cara mutasi siswa masuk sudah bisa dilakukan secara online melalui alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/. Fitur ini merupakan layanan baru yang memudahkan sebuah sekolah menerima siswa baru mutasi dari sekolah lain. Tentu saja hal ini juga memudahkan operator sekolah dalam memasukkan siswa baru yang masuk dari sekolah lain. Dengan begitu, operator sekolah tidak perlu lagi memasukkan data siswa baru tersebut secara manual, karena sudah masuk otomatis hasil mutasi online tadi.
Lalu bagaimana cara mutasi siswa masuk secara online ini? Sangat mudah dan tidak perlu pusing-pusing.
Berikut ini cara mutasi siswa masuk secara online melalui laman Dapo.Dikdas.Kemdikbud.
  1. Langkah pertama, kunjungi alamat Dapo.Dikdas.Kemdikbud,
    Cara Mutasi Siswa Masuk Secara Online di Alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
  2. Selanjutnya klik menu Login Operator Sekolah, dengan memasukkan username, padword dan kode registrasi Dapodik sekolah.
    Cara Mutasi Siswa Masuk Secara Online di Alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
  3. Setelah berhasil login, akan muncul profil satuan pendidikan sekolah. Klik menu Mutasi PD.
    Cara Mutasi Siswa Masuk Secara Online di Alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
  4. Selanjutnya klik menu MUTASI PESERTA DIDIK, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
    Cara Mutasi Siswa Masuk Secara Online di Alamat http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/
  5. Pada data sekolah asal, cari sekolah asal siswa tersebut. Untuk sekolah tujuan, sudah otomatis terisi dan terkunci.
  6. Pada menu dibawahnya, cari peserta didik yang akan dimutasi dan lakukan konfirmasi data.
Dengan melakukan proses mutasi siswa masuk secara online tersebut, maka siswa pindahan sudah masuk ke dalam database Dapodik kita tanpa harus melakukan input manual.
Tujuan dari mutasi siswa secara online dengan menggunakan website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. ini adalah agar data PD masuk tidak perlu diinput ulang dari awal lagi.
Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan mutasi siswa secara online melalui Dapo.dikdas.kemdikbud ini, yaitu:
  1. Sementara bisa igunakan untuk siswa mutasi atau siswa masuk SMP kelas VII.
  2. Sekolah lama sudah mengeluarkan/meluluskan siswa yang bersangkutan.
  3. Dilakukan secara online, melalui web dapo.dikdas.kemdikbud
  4. Cari dahulu sekolah lama dengan urutan prop-kab/kota-kec-namasekolah, lalu pencarian siswa mutasi dengan berdasarkan nama atau NISN,
  5. PASTIKAN data didik yang di temukan adalah benar dan pasti untuk dimutasi, sehingga menghindari resiko salah mutasi.
  6. Setelah proses mutasi siswa secara online dilakukan, segera lakukan sinkornisasi aplikasi Dapodikdas offline, dengan maskud, siswa mutasi tadi masuk ke dalam data PD pada aplikasi Dapodikdas ooffline kita.
Demikian beberapa langkah atau cara mutasi siswa secara online dengan melalui web dapo.dikdas.kemdikbud, semoga benar-benar memudahkan kinerja OPS. #salamsatudata.


Diberdayakan oleh Blogger.

 

© 2013 operator. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top